Rabu, 27 Juli 2011

MAKNA TAKWA

MAKNA TAKWA

Suatu hari sahabat meminta nasihat kepada nabi.


”Ya Rasulullah berilah aku nasihat!” Rasulullah menjawab :
”Hendaklah kamu bertakwa, karena takwa itu merupakan kumpulan kebaikan dan berjihadlah kamu, karena jihad itu merupakan ibadah yang paling utama, dan berzikirlah kamu, karena zikir itu merupakan..........”

Setiap khatib selalu menganjurkan kita untuk bertakwa ( QS Ali Imran : 102) dan setiap peraturan dan undang-undang yang dibuat dalam negara kita selalu mencantumkan kata-kata Dengan Rahmat Tuhan YME bahkan setiap pemimpin yang akan diangakat baik pemimpin tingkat nasional maupun pemimpin tingkat bawah syaratnya harus bertakwa tetapi seringkali istilah takwa hanya menjadi hiasan belaka tanpa ada bukti nyata. Pada hal takwa itu bukan sekedar ucapan tetapi harus dibuktikan dengan perbuatan nyata dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan pengertian takwa itu sendiri.

”Melaksanakan apa yang diperinmtah dan meninggalkan apa yang dilarang”

Sedangklan pengertian takwa menurut sayidina Ali Ra :

”Takwa itu ialah takut kepada Rabul jalil, melaksanakan apa yang diturunkan oleh Allah daan mempersiapkan diri untuk memasuki hari akhirat”

Qs Albaqarah : 2-4


Oleh karena itu marilah kita membuktikan ketakwaan kita dengan melaksanakan apa telah diatur dalam agama kita. Janganlah kita berkhianat kepada Allah dan Rasul.



”Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul dan janganlah kamu mengkhianati apa yang diamanatkan oleh Allah kepadamu sedangkan kamu mengetahui”

2 komentar:

  1. Tulisannya sangat bermanfaat sekali, terimakasih

    BalasHapus
  2. Tulisannya dapat menjadi tambahan untuk materi khutbah jum'at buah takwa dan keutamaannya. Semoga tulisannya menjadi amal sholeh buat penulis dan semua yang membantu menyebarkan.

    BalasHapus