Rabu, 27 Juli 2011

MEMBANGUN PERSAUDARAAN

MEMBANGUN PERSAUDARAAN

Tasyakur dan wasiat taqwa ( QS : 3 : 102 )
Firman Allah QS Ali Imran 103 :

"Berpegang teguhlah kamu sekalian kepada tali (agama) Allah dan janganlah kamu bercerai-berai dan ingatlah akan nimat Allah ketika dulu kamu bermusuh-musuhan lalu Allah mempersatukan hatimu sehingga kamu menjadi bersaudara dengan nikmat-Nya dan adalah kamu berada di pinggir jurang api neraka lalu Allah menyelamatkan kamu"
Persaudaraan (ukhuwah) adalah nikmat Allah yang tak ternilai harganya
Oleh karena itu marilah kita mensyukuri nikmat persaudaraan ini dengan cara kita mempertahankan dan meningkatkan terus persaudaraan kita, Jangan sampai terjadi perselisihan,konflik, pertikaian diantara kita yang menyebabkan terjadinya kehancuran dan kelemahan serta hilangnya kekuatan kita. Kita semua bersaudara.
Firman Allah : QS Alanfal :46


"Taatilah Allah dan Rasulnya dan janganlah kamu berbantah-bantahan karena kamu akan lemah dan akan hilang kekuatanmy dan bersabarlah sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar"

Nabi bersabda :
"Orang muslim saudaranya orang muslim"
"Orang mukmin saudaranya orang mukmin"
"muslim yang satu dengan yang lain bagaikan satu bangunan yang saling menguatkan satu sama lain"
"Muslim yang satu dengan yang lain bagaikan satu tubuh yang apabila salah satu bagian tubuhnya sakit maka akan sakitlah seluruh tubuhnya
Oleh karena itu janganlah kita melihat perbedaan diantara kita tetapi lihatlah persamaannya. Kita harus bisa menerima segala perbedaan yang ada kerena perbedaan itu adalah fakta kehidupan yang tidak dapat kita hindari. Perbedaan adalah sunnatullah yang secara alamiah sudah ada sejak dahulu. Karena pada dasarnya kita adalah ummat yang satu yang mempunyai kewajiban yang sama di hadapan Allah SWT.
Firman Allah QS :23: 52 dan 21 : 92

"Sesungguhnya ummatmu adalah ummat ummat yang satu dan hanya kepakulah kamu menyembah"
"Sesungguhynya ummat ini adalah ummat yang satu dan hendaklah kamu bertakwa kepada Allah"
Allah telah membertikan statement kepada kita agar kita saling menolong dan bekerjasama diantara kita karena kita mempunyai kedudukan yang sama di hadapan allah SWT. QS Alahzab 11 :

"Wahai sekalian manusia sesungguhnya aku ciptakan kamu terdiri dari laki-laki dan perempuan dan akuu jadikan kamu bersuku-suku dan berbangsa-bangsa untuk saling kenal mengenal sesungguhny orang yang paling mulia diantara kamu ialah orang yang paling bertakwa diantara kamu"

Marilah kita mencontoh Rasulullah. Bagaimana Rasulullah mempersatukan kaum ansor dan kaumj muhajirin dalam membangun negara Madinah sehiungga dapat menciptakan kekuatan yang hebat yang akhirnya dapat menaklukkan Makkah dan seluruh Timur Tengah dan sekitarnya. Rasulullah tidak membedakan kaum ansor dan kaum muhajirin semuanya saling membantu dan saling menokong. Kaum Muhajirinh sebagai kaum pendatang dan kaum ansor sebagai kaum priubumi bersatu padu dalam membangun agama. Kita pun mempunyai kewajiban yang sama untuk meneruskan perjuangan Rasulullah SAW dan mempertahankan Islam di lingkungan kita masing-masing. Semoga Allah memberikan kekuatan dan kemenangan kepada kita. Amiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar