Rabu, 27 Juli 2011

MEMBANGUN AKHLAK

MEMBANGUN AKHLAK
Segala puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Rabbul alamin, Pencipta dan penguasa alam semesta yang di tangannya tergenggam segala kekuatan dan kekuasaan. Dialah Allah yang telah memberikan kenikmatan yang tak terhingga baik nikmat yang kita minta maupun yang tidak kita minta. QS Ibrahim 34 :

Solawat serta salam kita sampaikan kepada nabi besar Muhammad SAW yang telah berjasa besar dalam membela, mempertahankan dan menyiarkan Islam dengan mengorbankan harta, tenaga, pikiran bahkan nyawa serta tetesan darah sehingga Islam tersebar ke seluruh dunia yang akhirnya sampai ke tangan kita. Oleh karena itu marilah kita pertahankan agama kita dengan mengamalkannya secara sungguh-sungguh dan terus-menerus sepanjang hayat kita.
Selaku khatib yang dhaif perkenenkanlah saya menyeruykan kepada diri saya khususnya dan kepada kaum muslimin pada umumnya marilah kita meningkatkan iman dan takwa kita dengan sebenar-benar takwa dan marilah kita berpegang teguh kepada islam ini sampai kahir hayatkita agar kita kembali menghadap Allah dalam keadaaan m,uslim. Qs Ali imran 102

Perjalanan waktu begitu cepat seakan berlari meninggalkan kita dan tanpa kita sadari kini kita telah berada di hari terakhir tahun 2010 dalam perhitungan tahun masehi/miladiyah dan besok kita akan memasuki tahun yang baru yaitu tahun 2011.
Syair arab mengatakan :
”Tahun bertambah dan umur berkurang”
Dengan bertambahnya tahun berarti jatah hidup kita menjadi semakin berkurang dan akan terus berkurang sampai datang ajal kita yang pasti akan menemui kita. Jadi hidup yang sedang kita jalani saat ini adalah sisa umur kita yang diberikan oleh Allah. Perjalanan kita menuju hari kematian akan semakin dekat dan semakin dekat.
Rasulullah bersabda :
”Tujuan hidup adalah kematian”
”Kematian adalah merupakan pintu yang setiap orang pasti akan memasukinya”
Oleh karena itu semakin bertambahnya tahun hendaknya kita semakin dekat kepada Allah SWT bukan sebaliknya seperti yang kita saksikan saat ini setiap memasuki awal tahun kebanyakan manusia bukan mendekatkan diri kepada Allah tetapi justru melupakan Allah SWT.
Sebuah potret bangsa kita yang notabene mayoritas beragama Islam ketika menyambut tahun baru mereka mengadakan berbagai kegiatan yang sangat bertentangan dengan nilai nilai Islam.
Mereka berpesta pora, berjogetjoget, berjingkarak-jingkrak, bergaul bebas, pesta kembang apai, mengadakan pertunjukan-pertunjukan seni yang sangat tidak islami dan menghabiskan dana jutaan bahkan milyaran rupiah. Padahal di daerah lain masih ada ribuan bahkan puluhan ribu saudara-saudara kita yang kelaparan, mereka hidup menderita akibat banjir, longsor, korban letusan gunung, kecelakaan dsb. Sungguh sangta ironis dan tak punya hati nurani.
Inilah kejahiliahan abad modern yang sangat membahayakan kehidupan manusia. Gelombang budaya jahiliyah yang melanda bangsa kita bagaikan sunami sehingga menyebabkan terjadinya krisis yang luar biasa. Bukan krisis ekonomi, bukan krisis politik, tetapi krisis yang jauh lebih berbahaya yaitu krisis iman dan krisis akhlak yang menjadi sumber dari krisis-krisis lain. Karena krisis iman dan akhlak inilah yang menimbulkan krisisi-krisis yang yang lain yang menyebabkan datangnya bencana /musibah dari Allah SWT terhadap bangsa kita yang datang silih berganti/bertubi-tubi.
Oleh karena itu marilah kita membangun akhlak anak-anak dan keluarga kita agar mereka selamat dunia dan akhirat. Qs Attahrim :
”Jagalah dirimu dan dan keluargamu dari api neraka”
Dan marilah kita selalu menginagat Allah agar allah juga ingat kepada kita. Kerena yang menyebabkan terjadinya krisis morak dan akhlak adalah karena manusia lupa kepada Allah SWT. Qs :

Marilah kita mengisi malam pergantian tahun ini dengan berzikir kepada Allah SWT. Inilah tanda syukur kita kepada Allah SWT.
Mudah-mudahan kita menjadi orang yang bersyukur kepada Allah SWT. Amiiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar